seo

SEO seperti mencari Lokasi usaha yang strategis.

Jika Anda buka warung nasi uduk. mungkin Anda bisa buka warung dirumah Anda dan mendapatkan pelanggan dari tetangga atau orang yang sudah mengenal Anda.

Lalu bagaimana jika Anda membuka membuka warung nasi uduk di area komersil ?. disebuah jalan yang padat lalu lintas.

Tentunya penjualan nasi uduk Anda akan meningkat.

Pasar pinggir jalan tanah abang

Pasar pinggir jalan tanah abang.

Analogi diatas adalah contoh yang saya kira mudah diterima.

karna sering kita jumpai, tempat usaha yang ramai pembeli berada dipinggir jalan yang padat lalu lintas.

Pemilik bisnis akan mengeluarkan biaya yang lebih mahal jika ingin usahanya berada di tempat yang strategis. mereka rela membayar biaya sewa lebih mahal ke pengelola tempat tersebut agar mendapat banyak pengunjung.

 

Dimana tempat strategis itu ?

Dalam search engine, tempat strategis itu berada pada halaman pertama hasil pencarian. atau tampilan pertama ketika orang googling dan biasa disebut one page google.

ini karena perilaku pengguna search engine hanya sedikit untuk melanjutkan ke halaman berikutnya. mereka lebih sering untuk mengganti kata kunci dibandingkan melanjutkan ke halaman 2 dan seterusnya, ada tapi hanya sedikit. bahkan sering saya jumpai posisi 5-10 sama sekali tidak kebagian traffic atau CTR 0%.

 

Kabar baiknya, berada di one page google gratis, tidak memerlukan biaya sewa serta mendapat traffic website secara cuma-cuma ke website/produk Anda. namun untuk berada dihalaman pertama diperlukan proses yang menguras waktu dan uang. serta kompetisi dengan kompetitor maupun penyedia search engine.

Penyedia search engine seperti Google mengelola area atas untuk ruang iklan mereka. membuat semakin sulit untuk populer di page one google. ditambah ranking faktor yang sering fluktuatif. hingga produk – produk mereka sepert Local Bisnis dan Youtube sering mengambil porsi lebih di one page google.

apa itu seo

lalu bagaimana agar bisa berada one page google ?

untuk itulah terminologi SEO muncul. sebagai praktek untuk mengoptimalkan website/produk agar bisa berada dihalaman pertama. karerna praktek SEO memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit dan penuh tantangan.

 

Apa Itu search engine optimization (SEO)?

Dari perspektif pemasaran SEO menurut saya adalah:

Search engine optimization – SEO adalah upaya untuk selalu ditemukan target pasar di halaman pertama hasil mesin pencarian untuk mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian.

Upaya selalu ditemukan adalah sebuah misi dari marketing plan. membuat rencana jangka panjang dengan praktek organik atau ingin mendapatkan hasil cepat dengan cara PPC (pay per click)/berbayar. keduanya bertujuan untuk berada di one page google, sehingga mendapat market share berupa lalu lintas yang menuju website/produk Anda.

Target Pasar yang tepat. variabel utama dalam menetapkan target pasar di search engine adalah kata kunci / keyword.

kata kunci adalah sebuah petunjuk bagi pemasar mengenai sasaran yang mereka tuju.

kita tidak tau persis orang yang mengetik itu seperti apa. tapi kita bisa tau kebutuhan dan keinginan mereka melalui kata kunci tersebut.

misalnya untuk kata kunci “popok bayi terbaik” apakah seorang bayi yang mengetik kata kunci tersebut ?

diperlukan intuisi untuk memilah keyword yang relevan. atau sumber lain untuk mendukung dalam pencarian kata kunci.

misalnya dengan membaca riset tentang milenial yang telah menikah, siapa yang mengambil keputusan untuk membeli popok ?

jika kata kunci keliru. user experience akan ke trigger dengan buruk, bisa menyebabkan sulit untuk masuk dan bertahan dalam halaman pertama hasil pencarian.

Faktanya, Kurang dari 20% orang searching lalu melanjutkan untuk membuka halaman selanjutnya. 80% lebih pengguna search engine mengklik hasil di halaman pertama mesin pencari.

Faktor trust atau kepercayaan yang didapat sangat tinggi bila web/produk kita bisa berada pada halaman pertama hasil pencarian.

karna berpotensi mempengaruhi keputusan mereka dalam mengambil keputusan pembelian.

mountain goat

Menanjaki puncak gunung untuk mencari makan.

 

 

Praktek SEO harus menuju puncak!

untuk mendapatkan hasil optimal. minimal adalah masuk halaman pertama pencarian. lalu, mengejar posisi 1-2-3.

karna biasanya posisi 1-2-3 lebih stabil atau tidak mudah turun peringkat.

Selajutnya adalah menganalisa pengunjung website yang datang dari search engine. semua interaksi di web (event) bisa diukur. Apakah pengujung yang datang telah masuk dalam marketing plan. seperti melakukan pembelian dll.

Apakah lalu lintas berpengaruh terhadap berbagai metrik di website dan Apakah Goals – Berapa Sales(penjualan) / Leads(Prospek) tercapai ?

Sungguh, SEO dalam perspektif pemasaran merupakan impian bagi pebisnis. melalui praktek terbaik, SEO bisa meningkatkan penjualan terus menerus dan menghilangkan biaya iklan PPC.

Pengertian lain tentang SEO

ada banyak pengertian lain tentang SEO. namun terlalu teknis atau kurang mengigit. tentang apa tujuan yang jelas dalam praktek SEO.  SEO dalam perspektif pemasaran bisa membuat kita semangat dalam melakukan praktek yang berdarah ini.

berikut ini definisi SEO menurut MOZ, salah satu penyedia tools SEO terbaik:

Search engine optimization – seo adalah singkatan dari optimasi mesin pencari. merupakan seperangkat praktik yang dirancang untuk meningkatkan penampilan dan posisi halaman web dalam hasil pencarian organik.

Karena pencarian organik adalah cara paling menonjol bagi orang untuk menemukan. dan mengakses konten online. strategi SEO yang baik sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas lalu lintas ke situs web Anda.

Moz – What is SEO ?

 

Rangkuman

Praktik SEO dalam perspektif pemasaran merupakan sebuah praktik untuk mendapatkan target pasar dengan meraih tempat strategis melalui mesin pencari.

Meskipun Praktik SEO mencakup berbagai lintas bidang keilmuan, dalam perspektif pemasaran tujuan dari praktik SEO adalah untuk mempengaruhi keputusan target pasar dalam mengambil keputusan pembelian.